Sabtu, 10 Maret 2012

Budaya Mempengaruhi kehidupan kita

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosisal yang digunakannya untuk memahami lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya. Suatu kebudayaan merupakan milik bersama anggota-anggotanya dan pewarisannya kepada generasi berikutnya dilakukan melalui proses belajar dan dengan menggunakan simbol-simbol yang terwujud dalam bentuk yang terucapkan maupun yang tidak.

Menurut Hafiz Alpian nie, kebudayaan sangat mempengaruhi dalam kehidupan kita, karena segala sesuatu yang ada dimasyarakat ditentukan oleh kebudayaan masyarakat itu sendiri. Dan biasanya dilihat dari budaya mereka atau dimana daerah mereka tinggal, karena setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.

contohnya nie gaya bicara dan pola hidup nya orang jawa mereka gaya bicaranya itu sangat halus dan pola hidupnya yang yang sopan dan ramah kepada masyarakat sekitarnya, sedangkan orang batak mereka gaya bicaranya atau logatnya yang sedikit agak kasar. Didalam kebudayaan masyarakat betawi masih memandang derajat atau silsilah dalam keluarga walaupun ada orang yang lebih tua tapi dalam silsilah keluarganya dia lebih rendah atau muda dibanding orang yang lebih muda tetapi dalam silsilah keluarga dia lebih tinggi atau tua, orang yang lebih tua itu harus memanggilnya om atau mamang kepada orang yang lebih muda tersebut. Faktor-faktor kebudayaan yang mempengaruhi kehidupan menurut saya yaitu dalam bentuk agama, politik, adat istiadat, bahasa, dan jalan fikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar