Sabtu, 05 Mei 2012

Manusia dan Pandangan Hidup


Rangkuman bab 8
MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

A. Pengertian Pandangan hidup
setiap manusia mempunyai pandangan hidup. pandangan hidup itu bersifat kodrati. pandangan hidup adalah sebuah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup didunia. pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman 
sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.pandangan hidup banyak sekali macam dan ragamnya. akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
1. pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2. pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
3. pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

B. CITA - CITA
Merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang, merupakan keinginan, harapan dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.

C. KEBAJIKAN
kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.

D. USAHA / PERJUANGAN
usaha / perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita - cita. tanpa usaha / perjuangan, manusia tidak dapat hidup sempurna. kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak atau ilmu maupun dengan tenaga atau jasmani, atau dengan kedua - duanya.


E. KEYAKINAN / KEPERCAYAAN
menurut Prof. Dr. Harun Nasution, ada 3 aliran ilsafat, yaitu:
a. aliran naturlisme
b. aliran intelektualisme
c. aliran gabungan



F. LANGKAH - LANGKAH BERPANDANGAN HIDUP YANG BAIK.
- mengenal
- mengerti
- menghayati
- meyakini
- mengabdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar