Senin, 26 November 2012

New Media Dalam Kehidupan Sehari-hari


  • Pengertian New Media

New media adalah dua kata yang dirangkap menjadi satu terdiri dari kata new dan media. New yang berarti baru dan media yang berarti perantara. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepada penerima informasi yakni kita-kita ini.

New Media sebenarnya merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berasal dari bahasa latin. Namun jika di lihat dari sudut pandang harfiah, media mempunyai arti perantara atau pengantar. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu  yang dapat menyalurkan informasi(perantara) dari sumber informasi kepadaa penerimaan informasi yakni kita-kita ini.
  • Manfaat Media dalam keseharian
Dengan adanya media, aktivitas manusia seakan-akan berjalan dengan sangat mudah dan transparan.  Di dalam internet hampir seluruh aktivitas dapat di lakukan.  Ingin bekerja mencari uang, e-commerce sudah mulai berkembang dengan baik sekarang ini. Ingin mencari teman baik teman lama ataupun baru, banyak situs jejaring sosial saat ini yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat untuk mmenjalin pertemanan. Apabila kita ingin mencari informasi tetang sesuatu, browser-browser memberikan jawaban lengkap. Masih banyak hal lain yang dpaat kita temukan dan semuanya itu ada di dalam internet.

Bahkan dalam perkembangan jaman yang sangat pesat ini, media cetak ataupun elektronik  seperti koran, televisi, majalah dll sudah bisa kita lihat kapan saja dan di mana saja dengan sebuah HP yang bertipe smart phone, bisa juga dengan tablet ataupun gadget-gadget yang canggih pada jaman sekarang. Segala aktivitas itu dapat kita lakukan dengan sangat mudah dan cepat bahkan semua itu bisa di lakukan di dalam rumah.

Berikut ini adalah contoh teknologi apa saja yang termasuk media baru yaitu :
  1.  Internet
  2. Televisi Digital / Plasma TV
  3. Digital Cinema / 3D Cinema
  4. Superkomputer / Laptop
  5. DVD / CD / Blue Ray
  6.  MP3 Player
  7.  Ponsel / PDA Phone
  8.  Video Game
  9. RSS Feed
  10. Streaming Video
  11.  Dan lain-lain
  • Kesimpulan
New Media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk teknologi hampir berbentuk digital dan Internet hampir memegang peranan penting didalamnya, dengan adanya new media semuanya akan terasa lebih singkat dan dapat mengambil seluruh aspek wawasan dalam dunia teknologi.Dari penjelasan di atas di simpulkan bahwa New media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk teknologi hampir beberbentuk digital dan internet hampir memegang peranan penting di dalamnya dengan adanya new media semuanya akan  terasa lebih singkat dan dapat mengambil seluruh aspek wawasan dalam dunia teknologi.

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar