Selasa, 06 Mei 2014

ESRB

ESRB atau Entertainment Software Rating Board adalah sebuah organisasi mandiri yang menetapkan sebuah regulator seperti menetapkan regulasi pemberian umur dan konten pada sebuah game atau software. Tentu saja regulasi ini memaksa sebuah industri game untuk mengadopsi panduan advertising dan bertanggung jawab untuk prinsip online privacy untuk komputer, video game dan software yang lain di wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

ESRB sendiri didirikan pada tahun 1994 oleh Entertainment Software Associaton (ESA) yang sebelumnya bernama Interactive Digital Software Associaton (IDSA). Alasan mengapa didirikannya ESRB dikarenakan munculnya beberapa konten yang memiliki unsur kekerasan atau violence pada game seperti Night Trap, Mortal Kombat, Lethal Enforcers, dan Doom serta beberapa konten kontroversial lainnya seperti unsur seksual pada saat itu.

Entertainment Software Rating Board (ESRB), merupakan sebuah organisasi yang mana memberikan penilaian sebuah software entertainment agar tersegmentasi berdasarkan usia yang sesuai. awalnya ESRB dibuat karena munculnya game Mortal Kombat (MK) yang dibuat oleh Ed Boon dan John Tobiasdibawah naungan Midway Game, waktu  game ini mengalami penjualan keras, dan dibuat dalam berbagai seri. akan tetapi adegan keras, berdarah, sadis dan seabrek visual effect yang no love no mercy,membuat sebagian orang akhirnya khawatir jika adegan yang ada dalam game ini nantinya mempengaruhi karakter seseorang, terutama anak-anak yang mana mereka cenderung mudah menyerap segala informasi tanpa filter terlebih dahulu.
ESRB didirikan pada tahun 1994, leh Entertainment Software Association. sejak saat itu setiap video game yang akan release akan mendapat pengawan ketat, terutama yang memiliki banyak adegan berbahaya seperti yang saya katakan tadi.
system rating dari ESRB didasarkan pada kebutuhan orang di Amerika, Canada dan Mexico. dan tentu saja di setiap negara memiliki system peratingan yang berbeda-beda. berikut ini adalah system peratingan ESRB.
 Early Chilhood (EC): aktif sejak tahun  1994, game yang masuk dalam rating ini adalah game yang tidak memiliki konten dewasa, sadis, seram, mengerikan dan  biasanya berisi konten edukasi, seperti cara menulis, mengenal warna, mengenal huruf, mengenal hewan dll. rating ini ditujukan untuk anak 3 tahun keatas. (lha yang 3 tahun kebawah gan ? kalo 3 tahun kebawah dikasih game boy, bisa-bisa dimakan konsol gamenya). contoh game yang masuk dalam kategori ini adalah Dora The Explorer.
Everyone (E) : aktif sejak 1997, game jenis ini minimalis tindak kriminal, fantasy, pembunuhan tanpa darah, dan memiliki adegan ringan yang memang cocok untuk anak-anak dan tidak memiliki dampak buruk bagi perilaku. ditujuan untuk yang  6 tahun keatas. contoh game yang memiliki rating ini adalah Super Mario dan Donkey Kong, walaupun ada pembunuhanya, setidaknya tidak menampilkan darah dan tidak sadis-sadis banget.

Everyone 10+ (E10+) : aktif sejak akhir 2004, memiliki konten yang cocok untuk anak berumur 10 tahun keatas. dapat mengakibatkan dampak buruk jika tidak di bimbing, dan memiliki beberapa gambar kekerasan, sugesti, fantasy, sedikit adegan berdarah dan sedikit bahasa-bahasa kasar. yang masuk dalam kategori game ini adalahThe Legend of Zelda dan Kingdom Hearts.
Teen (T) : aktif sejak 1994, dibuat untuk anak berusia 13 tahun keatas. kontenya dapat mengakibatkan dampak yang cukup mengkhawatirkan jika tidak ada bimbingan dari orang tua. menampilkan adegan berdarah dengan jelas, bahasa atau kata-kata kotor, kekerasan, adegan panas, humor dewasa dan kadang menampilkan perjudian. contoh game yang masuk dalam kategori ini adalah The Sims Series, Need for Speed danSmack Down.
Mature (M) : aktif sejak 1994, dibuat untuk usia 17+ alias 17 tahun keatas. jika ada pihak yang menjual game ini pada mereka yang belum 17+ bisa dikenakan sanksi yang cukup serius. konten game ini dapat berisi darah, kekerasan, adegan vulgar, bahasa kasar tingkat tinggi dan memiliki dampak yang cukup serius. game yang masuk dalam rating ini adalah GTA (Grand Theft Auto) all series (dimana seing menampilkan perampokan dan pembunuhan yang disertai darah) dan Shin Megami.
Adult Only (AO) : aktif sejak 1994, dibuat untuk mereka yang berusia 18+. mereka yang menjual game ini pada pelanggan yang kurang dari 18 tahun atau yang menampilkanya pada anak dibawah 18 tahun akan dikenakan sanksi yang cukup serius. konten berisi kekerasan fisik yang luar biasa, horror, mampu mengobsesi seseorang, kontroversional, bahasa kasar tingkat dewa dan seabrek sensai lain yang sangat berbahaya. Microsoft,Sony dan Nintendo melarang game jenis ini masuk dalam game console mereka. sehingga game jenis ini hanya dijual untuk versi PC dan Mac saja.
Rating Pending : aktif sejak 1994, merupakan rating game untuk game-game yang sudah dikirimkan ke ESRB dan masih dalam proses peratingan. symbol ini hanyalah untuk kebutuhan periklanan saja. versi final dari rating ini nantinya yang akan menjadi tolak ukur sepenuhnya dan game ini masih belum boleh dijual hingga versi final peratingan selesai.
Kids to Adults (KA) : aktif sejak 1994 sampai 1997, sekarang sudah tidak lagi dipakai. dibuat untuk mereka yang berusia 6 tahun keatas. berisi konten yang kadang menampilkan adegan berbahaya, beberapa gambar yang kadang berdampak kurang bagus bagi seseorang. contoh game yang masuk dalam rating ini adalah Crash BandicootDiddy Kong Racing dan Super Mario 64.
penilaian dari rating masing-masing game didasarkan akan ada tidaknya adegan – adegan berikut dalam game tersebut, antara lain :
·         Alcohol Reference – berisi gambar orang yang sedang mabuk atau jual beli minuman keras.
·         Animated Blood – gambar darah yang masih dalam bentuk animasi.
·         Blood – gambar darah yang mirip dengan asli.
·         Blood and Gore – berisi adegan berdarah dan mutillasi manusia.
·         Cartoon Violence – gambar kartun yang menampilkan adegan kekerasan seperti pukul-pukulan dan tinju (fighting).
·         Comic Mischief – berisi dialog yang kurang pantas untuk diucapkan/
·         Crude Humor – humor khusus orang dewasa, seperti vulgar humor.
·         Drug Reference – berisi gambar narkotik dan penjualan atau pemakaian narkoba.
·         Fantasy Violence – berisi kekerasan yang dapat dibedakan dari arenanya. misalnya darah benar-benar tampak.
·         Intense Violence – benar-benar berisi konten kekerasan yang serasa real, seperti mutilasi dengan visual effect darah yang nyata.
·         Mild Language – berisi kata-kata kotor dengan level sedang.
·         Mild Lyrics – berisi kata-kata kotor yang dinyanyikan melalui musik.
·         Mature Humor – dialog yang berisi humor orang dewasa dan mengacu pada sex.
·         Nudity – berisi gambar orang telanjang.
·         Partial Nudity – berisi gambar orang setengah telanjang.
·         Real Gambling – berisi perjudian yang bernar-benar terasa nyata.
·         Sexual Content – menampilkan referensi sexual.
·         Sexual Themes – menampilkan gambar yang menjurus ke sexual/
·         Sexual Violence – menampilkan adegan sexual seprti pemerkosaan.
·         Simulated Gambling – menampilkan judi tapi tanpa kekerasan dan kehabisan uang.
·         Strong Language – kata-kata yang sangat kotor dalam dialog.
·         Strong Lyrics – kata-kata yang sangat kotor dalam lirik musik.
·         Strong Sexual Content – menampilkan secara real konten dewasa.
·         Suggestive Themes – materi yang cukup provokatif
·         Tobacco Reference – merujuk tentang pemakaian rokok
·         Use of Drugs – berisi pemakaian narkotik
·         Use of Alcohol – adegan memakai alkohol.
·         Use of Tobacco – adegan pemakai rokok.
·         Violence – berisi tentang kekerasan yang sebenarnya.
·         Violent References – merujuk pada adegan kekerasan.
dalam perkembangan, batasan-batasan tersebut sampai saat ini masih terus berkembang dan pihak ESRB terus menerus mengembangkan berbagai cara untuk memberikan penilaian yang cepat, murah dan tepat, karena untuk melakukan peratingan ini saja  dibutuhkan biaya sekitar $800 – $4.000 USD. bagaimana, tertarik mengembangkan game, jangan lupa daftarkan ke ESRB :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar