Senin, 08 Juni 2015

Analisa Website "Kompas.com" dengan Alexa Rank

Bicara soal website, tentunya kita sudah tahu bahwa website adalah salah satu media baru di dunia informatika yang fungsinya menampung berbagai kelebihan, salah satu nya adalah informasi. Namun, kini seiring bergulirnya waktu,perkembangan tentang munculnya website semakin pesat. Banyak website-website hadir dengan berbagai bentuk dan tampilan. Namun, di luar semua itu,website seperti apakah yang memenuhi kriteria pembaca? Website mana yng menjadi favorit para netizen?

Bicara soal pertanyaan di atas, kali ini akan dibahas mengenai apa itu analisa web. Dilihat dari namanya saja, sudah paham bahwa sebuah website tidak hanya menjadi halaman elektronik saja, namun bisa di analisa. Analisa yang dimaksud adalah seberapa banyak website tersebut di akses sehingga menempati posisi paling tinggi di urutan mesin pencari.
Untuk menjawab soal itu, kali ini saya menggunakan media lain yaitu sebuah penganalisa lain yang gunanya menganalisa sebuah halaman situs. Namanya "alexa rank." Dan situs yang akan saya analisa kali ini ialah salah satu situs terkenal di Indonesia yaitu "Kompas.com"

Dan berikut hasilnya :

1.



Pada gambar diatas, menjelaskan bahwa popularitas dari website "kompas.com". Peringkatnya diperhitungkan dengan menggunakan kombinasi dari rata-rata pengunjung per hari, dan pageviews selama 3 bulan ke belakang.Pada website "kompas.com" saat ini memiliki peringkat global 364, yang artinya peringkat dunia dari semua website.dan memilikiperingkat 11 di Indonesia.


Pada gambar di atas, dijelaskan bahwa sebagian besar pengunjung nya berasal dari negara Indonesia dengan peringkat 11, disusul oleh negara-negara lainnya yang kebetulan juga mengaksesnya.


Gambar di atas dijelaskan bahwa hasil analisis terhadap "kompas.com" kini di setiap harinya di dunia yang telah mencari di berbagai search engine dengan keyword yang paling sering digunakan dalam pencarian web tersebut. Dalam web tersebut memiliki presentase sebesar 13.20 %.


Untuk gambar di atas, dijelaskan website-website mana saja yang diakses oleh para netizen sebelum membuka situs "kompas.com". Diantaranya ada google, facebook,dll.



Pada  gambar diatas dijelaskan bahwa data jumlah website yang me-link ke website tersebut. Jika ada beberapa link website yang sama, maka hanya akan dihitung satu kali. Pada gambar terlihat terdapat 54,161 link yang tercantum pada website lainnya.


Gambar di atas menunjukan banyaknya pengunjung mengunjungi domain atau subdomain dari website "kompas.com". Dan pada bagian bawah terdapat keterangan untuk kecepatan akses dari "kompas.com" adalah sangat lambat (very slow).


Dan sekian hasil analisis untuk sebuah website "kompas.com". Akurat atau tidaknya tidak ada yang tahu pasti. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari penjelasan di atas. Terima kasih.

referensi: http://jakasradikal17.blogspot.com/2015/06/analisa-website-kompascom-dengan-alexa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar